logo

Tuesday, January 31, 2017

7 Air Terjun Tertinggi di Dunia

7 Air Terjun Tertinggi di Dunia
7 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Air terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melewati suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Pada umumnya air terjun ini terbentuk lantaran terjadinya patahan kulit bumi sehingga aliran air terpotong membentuk loncatan air, sesuai prinsip aliran air mengalir dari ketinggian ke tempat yang rendah. Air terjun itu sendiri terbentuk di daerah pegunungan dimana erosi kerap terjadi.
Air Terjun Tertinggi
Air Terjun biasanya dijadikan tempat wisata yang begitu indah karena selain bertempat di alam liar yang hijau juga ketinggiannya juga membuat air terjun nampak istimewa. Sehingga itu air terjun menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan baik local maupun mancanegara.

Baca juga : 7 Sungai Terpanjang Di Dunia

Berbicara tentang air terjun, disini kami akan sajikan beberapa air terjun tertinggi di dunia. Mau tahu air terjun apa saja itu! Berikut 7 air terjun tertinggi di dunia.

  1   Air Terjun Balaifossen (850 meter atau 2.788 kaki)

Air Terjun Tertinggi
Air terjun sekali ini bernama balaifossen falls atau bisa di sebut juga skorga falls ini mempunyai ketinggian 864 meter lebih, berlokasi di osafjord, ulfik, norwegia.

Dengan ketinggiannya tersebut balaifossen falls di anggap sebagai air terjun tertinggi kedua di norwegia dan masuk dalam di urutan air terjun tertinggi di dunia.

Yang menjadikan air terjun ini unik karena sumber air nya dari lelehan es yang menumpuk di atas puncak gunung Ulfik, sehingga para pengunjung bisa menikmati segarnya air terjun ini hanya pada saat musim panas saja, lantaran air es akan meleleh dan jatuh mengalir ke bawah pada saat musim tersebut.

  2   Air Terjun Vinnufossen (860 meter atau 2.822 kaki)

Air Terjun Tertinggi
Vinnufossen adalah terjun yang berada di Norwegia. Air terjun tertinggi di dunia ini memiliki total ketinggian hingga mencapai 860 meter. Vinnufossen juga pernah di nobatkan sebagai Air Terjun tertinggi di Eropa.

Debit alir air yang turun dari Vinnufossen Falls ini berasal dari gletser Vinnufossen, setelah debit alir sampai kedasar air terjun, air bergabung dengan air sungai Driva yang menuju wilayah Hoesland di Norwegia.

  3   Air Terjun Yumbilla (896 meter atau 2.938 kaki)

Air Terjun Tertinggi
Air Terjun Yumbilla terdapat di Cuispes Peru, Wilayah Amazon. Air terjun ini masuk dalam air terjun tertinggi di dunia yang terletak di kedalaman hutan yang spektakuler. Air terjun berjenjang ini mempunyai empat sampai lima tetesan, ini berarti bahwa jumlah penurunannya dibagi menjadi empat bagian yang berbeda.

Ketinggian air terjun sudah diukur oleh Peru National Geographic Institute, menggunakan peralatan laser. Tepi atas dari air terjun terletak di ketinggian sekitar 2.723 meter di atas permukaan laut, sedangkan pada bagian bawah sekitar1.828 meter di atas permukaan laut. Tinggi air terjun ini sekitar 896 meter, yakni hampir tiga kali lebih tidak rendah Menara Eiffel, Paris Perancis .

Nyaris setiap bulan terdapat hujan air terjun ini. Iklim yang terdapat di wilayah hutan ini terdiri dari musim hujan dan kering, sehingga cuaca disini hangat dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu mencapai antara 10 sampai 25 derajat Celcius.

  4   Air Terjun Olo’upena (900 meter atau 2.953 kaki)

Air Terjun Tertinggi
Air terjun Olo’upena terletak sebelah Timur laut Pulau Molokai, Hawaii, Amerika Serikat. Pulau Molokai dikenal sebagai Hawaii tulen, Sebab daerah ini masih relatif terisolasi. Kebanyakan orang tak pernah melihat atau mendengar tentang Olo’upena Falls, dan penggemar air terjun sejauh yang diketahui sudah mengumpulkan informasi tentang air terjun ini hanya dengan melakukan foto melewati udara.

Dikelilingi oleh perbukitan tidak kecil di kedua sisinya, air terjun Olo’upena hanya mempunyai volume air yang sedikit dan keunggulannya hanya terletak pada tingginya air terjun saja (kalau di bandingkan dengan kebanyakan air terjun). Dengan ketinggian2.953kaki (900 m), air terjun Olo’upena mengalahkan 2  air terjun tertinggi di AS yang semuanya terletak di Hawaii yaitu air terjun Pu’uka’oku (2756 feet/840 m) dan Waihilau (2600 feet/792 m).

Karena kelihatan sungguh ramping, upena yang sering disebut juga sebagai air terjun dasi ini, tercatat sebagai air terjun tertinggi ke-empat di dunia dan diklasifikasikan sebagai air terjun ramping.

  5   Air Terjun Tres Hermanas (914 meter atau 3.000 kaki)

Air Terjun Tertinggi
Las Cataratas Tres Hermanas mempunyai ketinggian lebih dari 914 Meter. Dan dalam bahasa Peru Las Cataratas Tres Hermanas mempunyai makna "Air Terjun Tiga  Saudara Perempuan". Air terjun ini terletak di dataran tinggi Andean di wilayah Ayacucho, Peru. Dan airnya bergabung dengan aliran sungai di pedalaman hutan Peru.

  6   Air Terjun Tugela (948 meter atau 3.110 kaki)

Air Terjun Tertinggi
Air terjun Tugela Falls adalah air terjun terindah yang tersembunyi di tanah Afrika. Air terjun ini berada di Afrika Selatan tepatnya di kawasan Drankesberg, Royal Natal National Park, Kwazulu.

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 948 meter. Dikarenakan sumber air nya berasal dari sungai tugela, bernama Tugela, Tapi meskipun indah dan membuat takjub banyak orang.

Lokasi yang curam serta debit air yang deras membuat air terjun ini sangat sulit di dekati. Sebab itu pengunjung yang datang cuma bisa menikmati keindahan air terjun Tugela Falls dari kejauhan.

  7   Air Terjun Angel (979 meter atau 3.212 kaki)

Air Terjun Tertinggi
Yang terakhir adalah air terjun Angel, siapa yang tidak tahu air terjun ini. Air Terjun Angel adalah Air terjun tertinggi di dunia yang terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima di Venezuela. Dengan tingginya mencapai 3.212 kaki atau sekitar (979 meter). Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949.
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.